Dani Ramdan: Lebaran Yatim Jadi Sarana Penguatan Kesalehan Sosial dan Menjaga Keragaman Budaya Lokal

(doc.diskominfosantik)

Camat Cibitung, Encun Sunarto menambahkan, rangkaian kegiatan dari DKKB selalu dipenuhi dan disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Cibitung, bahkan mungkin dari daerah lainnya yang merindukan pesta rakyat sebagai media hiburan.

Encun memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat demi menjaga kelancaran dan ketertiban selama rangkaian acara berlangsung.

Melihat animo dan kesuksesan acara tersebut, dirinya mengaku siap jika Kecamatan Cibitung menjadi tuan rumah jika agenda ini menjadi kalender tahunan kedepannya.

“Iya acara ini tentunya sangat inspiratif dan menggugah sekali, menandakan keanekaragaman budaya dan seni kita dan itu semua masih lestari. Tadi ada dongeng, ceramah agama, lalu ada odong-odong yang bisa dinaiki oleh anak-anak secara gratis serta ada hiburan penayangan film layar tancep di hari sebelumnya,” kata Encun.

Sebagai tuan rumah acara Lebaran Yatim tersebut, Lurah Wanasari, Sarkum mengatakan, Kelurahan Wanasri siap jika agenda yang digagas oleh DKKB ini menjadi agenda tahunan seperti yang dicanangkan oleh Pj Bupati Bekasi melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora).

Selain itu, Sarkum mengatakan, kegiatan pesta rakyat tersebut membawa efek domino yang sangat positif bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta para penggiat seni lokal yang dapat memanfaatkan fasilitas yang ada untuk dapat tampil menghibur masyarakat.

“Banyaknya pengunjung yang datang, membawa dampak yang sangat positif bagi para pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga kegiatan ini membawa berkah bagi semuanya. Para pegiat seni juga jadi lebih bersemangat untuk terus eksis dan masyarakat dapat lebih mengetahui dan mencintai budaya lokal Kabupaten Bekasi,” tambahnya.

Penulis: Cr/DiskominfosantikEditor: Redaksi