Pemkot Bekasi Dan PT Kota Bintang Tanda Tangan MOU Pemulihan Alur Sungai Cakung

banner 120x600

KLISENEWS, KOTABEKASI – Apel rutin Senin pagi dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai pemulihan alur Sungai Cakung antara Pemerintah Kota Bekasi dan PT Kota Bintang Rayatri, Senin (15/11/21).

Tampak hadir, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sebagai pemimpin apel, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati, dan Direktur PT Kota Bintang Rayatri Suryadi Mulya.

BACA JUGA : Pemkot Bekasi Bersihkan Kali Bekasi Dengan Seehamster

Tujuan dari kerja sama yakni memulihkan fungsi alur Sungai Cakung sebagai antisipasi dari banjir yang kerap terjadi dan pemeliharaan aliran sungai. Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan A Djalil melakukan sidak ke area Grand Kota Bintang, dan ini menjadikan solusi dari Pemerintah Kota Bekasi dalam penanganan aliran Sungai Cakung.

Pemerintah Kota Bekasi telah mendorong pengembang Grand Kota Bintang untuk melakukan pelebaran ukuran Sungai Cakung. Sempitnya ukuran sungai mengakibatkan air meluap saat hujan deras. Dampaknya, banjir terjadi di underpass Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Segmen Kalimalang.

Pemkot Bekasi melakukan langkah cepat tindak lanjut dengan menggelar rapat pembahasan dan konsultasi teknis dengan instansi terkait serta melibatkan PT Kota Bintang Rayatri, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Direktorat Penertiban Pemanfaatan Ruang Kementerian ATR/BPN, dan Direktorat Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang Kementerian ATR/BPN.