Sepanjang 2021, Densus 88 Tangkap 370 Orang Kasus Terorisme

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. [doc.net]

Lebih lanjut, pada bulan Maret 2021 terjadi dua aksi teror di Indonesia. Pertama, aksi bom Gereja Katedral di Makassar pada 28 Maret. Kemudian berlanjut tiga hari setelahnya terjadi penyerangan pos pengamanan di dalam Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) oleh teroris tersebut.

Operasi yang dilakukan Densus secara diam-diam pada Agustus itu dilakukan secara masif mulai 12 Agustus. Disebut, banyak dari anggota teroris yang ditangkap merupakan bagian dari Jamaah Islamiyah (JI).

Pekan pertama operasi berjalan, 58 orang diamankan kepolisian. Mereka disebutnya akan melakukan aksi teror menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI yang telah berlangsung dengan aman. Adapun 11 Provinsi yang menjadi titik penangkapan, yakni; Sumatera Utara (Sumut), Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku, Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Operasi penangkapan terus berjalan hingga pada bulan September, 7 tersangka berhasil diamankan Densus. Selanjutnya pada Oktober, hanya ditemukan 1 tersangka yang ditangkap Densus. Bulan berikutnya, November tercatat ada 17 orang kemudian bulan Desember 36 orang lainnya kembali diciduk Densus 88.
Nur Rachmawati

Penulis: CrEditor: Red