Siapakah Sekda Kabupaten Bekasi?, Ketua LSP3D: Bupati Harus Jeli Memilih 3 Besar Calon Sekda dari 7 Calon yang Lolos Seleksi

Wastana, Penelitian dan Pengkajian Pembangunan Daerah (LSP3D).

“Nah, figur-figur calon Sekda ini diharapkan mereka yang sudah dibentuk oleh Negara untuk menjadi Pimpinan melalui pendidikan yang selama ini dimiliki, namun Sekda adalah jabatan setengah politik. Satu sisi dia sebagai karier tertinggi dan satu sisi dia harus bisa menjawab bagaimana mendampingi Bupati di kemudian hari,” papar Wastana.

Kuncinya, kata Wastana, ada pada tim seleksi. Jika tim piawai mendeteksi siapa calon Sekda yang profesional dan proporsional, maka Insya Allah akan mudah bagi Bupati memilih salah satu di antaranya sebagai Sekda pada 1 Juli 2021 mendatang.

Begitupun sebaliknya, jika tim tidak mampu menampilkan profesionalisme dan proporsionalisme, maka Bupati akan sulit memilih kandidat terbaik dari yang terbaik.

BACA JAGA : Prajurit Kompi Kavaleri Terus Melakukan Prokes ke Masyarakat

Mengenai hal itu, Wastana mengingatkan panitia seleksi dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja agar tidak memilih orang yang jenjang kariernya masih junior.

“Kalau yunior mempunyai diplomasi untuk menghadapi seniornya, itu bagus. Akan tetapi, yang kita lihat diduga ada calon-calon Sekda yang diplomasi dan komunikasinya masih sangat lemah untuk berhadapan dengan para seniornya, sehingga menjadi persoalan bagi calon Sekda yang bisa mendampingi Bupati di kemudian hari,” ujarnya.

Penulis: SMSI Bekasi RayaEditor: Red