Daerah  

Ciptakan Damai Pemilu, Desa Jatibaru Helat Do’a Bersama Dengan Khataman Qur’an

Warga Desa Jatibaru Menggelar Khotmil Qur'an yang Dipimpinan Ustadz Taufik Suprapto. [doc.klise]

KLISE, KAB. BEKASI – Kepala Desa Jatibaru, Sadar Darmadi, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, menggelar kegiatan religi dengan Khataman Al-Qur’an 30 juz bersama dengan para aparatur desa dan tim Dakwah Khotmil Qur’an pimpinan Ustadz Taufik Suprapto.

Kegiatan ini berlangsung dengan diawali shalat ‘Isya berjama’ah kemudian disambung pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an tiga puluh juz secara khidmat dengan suasana bahagia di area ruang Desa Jatibaru. Minggu malam (29/10/2023).

Kepala Desa Jatibaru, Sadar Darmadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya mengaku sangat bahagia sekali yang susah diungkapkan dengan kata-kata dengan adanya acara Khataman Qur’an di Desanya. Bahkan ia berharap dan sangat siap, kalau bisa diadakan setiap seminggu sekali di Desanya atau minimal satu bulan sekali.

“Malam ini saya sangat bahagia sekali, dan kebahagia’an ini susah untuk diungkapkan melalui kata-kata. Saya berharap, acara ini bisa diadakan setiap seminggu sekali di Desa Kami, atau minimal satu bulan sekali juga tidak apa-apa. Secara pribadi saya sangat siap dengan senang hati untuk memfasilitasi kegiatan ini,” ujarnya.

Dalam pantauan awak media, yang juga mengikuti sejak awal berjalannya acara, Kades Jatibaru berharap dengan diadakannya Khataman Qur’an 30 juz di desanya, bisa membawa keberkahan untuk desa dan warganya.

“Semoga acara ini bisa membawa keberkahan untuk desa kami, khususnya para aparatur desa juga untuk warga kami agar mendapat kemaslahatan, kesejahtera’an, ketentraman hati, kebahagiaan baik di dunia dan juga di akhirat,” pinta Sadar.

Sementara itu, Ustadz Taufik Suprapto selaku pimpinan rombongan jama’ah Khotmil Qur’an dari Majlis Dzikir dan Taklim “Darut Taufiq” Desa Jatireja, Cikarang Timur, menyampaikan bahwa acara ini memang diprakarsai olehnya dengan mengusung tema : “Silaturahmi Berkah Untuk Desa dan Warga”, yang di dalamnya dikemas acara do’a bersama melalui Khataman Qur’an 30 juz, dibaca secara serempak dengan masing-masing membaca satu juz lembaran Al-Qur’an yang kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam. Dan bagi para jama’ah yang belum lancar baca, dipersilahkan membaca surat Al-Ikhlas atau dzikir sebanyak – banyaknya selama berjalannya proses pembacaan Al-Qur’an 30 juz.

“Acara ini murni dengan niat tulus mendakwahkan Al-Qur’an dengan kemasan Silaturahmi ke Desa dan dilaksanakan acaranya juga di desa, agar kita semua yang mayoritas muslim bisa bersama-sama tergerak hati untuk bisa merasakan hebatnya keberkahan dari mukjizat Al-Qur’an dari Alloh SWT yang diberikan khusus kepada umat Nabi Muhammad SAW,” tutur Ustadz Taufik, yang juga sebagai pengasuh Pesantren Darut Taufiq, Yayasan Abdurrohman Sirojuddin Nur (ASN) di Cikarang Timur.

Ustadz Taufik menambahkan, bahwa ia bersama rekan-rekan jama’ah Tim Dakwah Khotmil Qur’an sudah sepakat untuk siap memurnikan Dakwahnya ke tiap-tiap Desa lainnya di Kabupaten Bekasi.

“Kami bersama rekan-rekan Insya Allah telah sepakat dan siap untuk terus belajar istiqomah dalam Dakwah Khotmil Qur’an 30 juz ini ke tiap-tiap wilayah Kabupaten Bekasi. Bahkan rencana, kami ingin sekali menghadap Bapak Pj Bupati untuk mohon ijin agar kedepan bisa diijinkan melaksanakan Do’a Bersama Khotmil Qur’an 30 juz di Masjid Pemda selama 7 kali malam Senin berturut-turut. Tujuannya tiada lain untuk turut mendoakan, berharap agar Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi beserta seluruh jajarannya senantiasa diberikan kekuatan dan kemudahan serta keberkahan kebaikan dalam menjalankan amanah sebagai pejabat pemerintahan yang bisa membawa kemaslahatan bagi warga Kabupaten Bekasi,” harapnya.

Selain itu, Bang UT, sapa’an akrab Ustadz Taufik di kalangan para pemuda, juga berharap bahwa dengan suasana politik yang saat ini sudah mulai hangat, ia ingin di Kabupaten Bekasi agar senantiasa tercipta suasana nyaman dan kondusif antar warga dalam menghadapi Pemilu baik pemilihan DPRD sampai Presiden.

“Menghadapi Pemilu ini, makanya lewat Mukjizat Al-Qur’an, kita hanya berusaha bersama-sama turut andil membantu pemerintah selain dengan ikhtiar, juga dibarengi dengan do’a agar dalam Pemilu tahun 2024 esok bisa menghasilkan para wakil-wakil rakyat dan Presiden yang terbaik yang dengan wasilahnya bisa membawa Indonesia lebih maju, khususnya di Kabupaten Bekasi,” pungkas bang UT.

Turut hadir dalam acara tersebut selain para jamaah Tim Khotmil Qur’an, diantaranya Penyuluh Agama Islam Fungsional dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cikarang Timur, Ustadz Abdul Kholik, Unsur TNI Babinsa Desa, Ketua BPD, serta para jajaran aparatur Desa Jati Baru, Cikarang Timur.

Penulis: CrEditor: Redaksi