Kemenhan RI Bentuk Denwalsus, Ini Penjelasannya

Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Prabowo Subianto dilantik sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

KLISE.NEWS, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, membentuk sebuah pasukan khusus yang diberi nama Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus).

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan, pembentukan pasukan Denwalsus oleh Kemenhan merupakan hal yang biasa.

Menurut Dahnil, pasukan tersebut memang telah lama dibentuk oleh TNI.

“Detasemen khusus untuk pasukan jajar kehormatan menyambut para tamu-tamu militer dari negara-negara hal biasa, sejak lama sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemenhan RI,” kata Dahnil dalam pesan singkatnya, Minggu (11/4).

BACA JUGA : Tumpukan Sampah Liar Bikin Gerah Dinas LH, Ulah Siapa ya?

Hanya saja, kata Dahnil, Prabowo saat ini melakukan penyegaran di jajaran Denwalsus. Personel pasukan tersebut dicari yang memiliki fisik baik.

“Memang dilakukan penyegaran personelnya, Pak Prabowo meminta ke Panglima TNI atau Mabes TNI agar disediakan personel-personel yang secara fisik sempurna karena menjadi “tampilan depan” dalam upacara penyambutan (jajar kehormatan),” ujar eks Ketua Pemuda Muhammadiyah itu.

Menurut Dahnil, wajar Prabowo menginginkan personel Denwalsus memiliki penampilan fisik prima. Sebab, mereka biasanya bertugas menyambut tamu-tamu kenegaraan.

“Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara,” ujar dia.