Optimalkan Penyerapan Anggaran, Pj Bupati Bekasi Lakukan Hal Ini

[doc.klise]

KLISE.NEWS, KAB BEKASI – Hingga memasuki akhir triwulan ke-II, realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tercatat baru mencapai 23,95%. Melihat kondisi tersebut, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, segera melakukan upaya untuk dapat mengoptimalkan kinerja penyerapan anggaran di masing-masing perangkat daerah.

“Kami sudah identifikasikan kendala-kendala apa yang menyebabkan tingkat penyerapan anggaran di perangkat daerah masih rendah, salah satu diantaranya lambannya pelaksanaan tender kegiatan” ujar Dani pada Selasa (31/5).

Dirinya lantas menetapkan langkah dengan memastikan tender pada 500 lebih kegiatan akan selesai dalam satu bulan kedepan. Selanjutnya, untuk kegiatan Pengadaan Langsung (PL) yang terdapat sekitar 15.500 kegiatan, masih terkendala CPCL (Calon Penerima dan Calon Lokasi – red) yang tidak akurat, sehingga harus di review.

“Instruksi saya, (kegiatan) yang sudah clear segera laksanakan, yang belum clear segera didiskusikan, diambil tindakan, dan usulkan untuk penajaman di APBD perubahan, sehingga nanti implementasinya bisa di APBD perubahan,” tegasnya.

Perihal penyerapan anggaran untuk kegiatan rutin, ia mendorong agar Kepala Perangkat Daerah lebih termotivasi mempercepat penyerapan anggaran di masing-masing Perangkat Daerah.