Usung Tagline Coastal Clean Up , PLN NP UP Muara Tawar Peringati Hari Lingkungan

Edukasi Coastal Clean Up kepada para siswa tentang penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan. [dok.klise]

KLISE, KAB. BEKASI – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional, PLN NP UP Muara Tawar melaksanakan kegiatan Coastal Clean Up di Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

“Kegiatan ini diisi dengan Bersih-bersih sampah di pesisir, Penanaman Pohon, dan Edukasi Ekosistem Mangrove bersama Pelajar. Bersih-bersih sampah dilakukan di daerah pinggir sungai dan di sekitar pemukiman yang ada di Kampung Pondok Dua,” Senior Manager PLN Nusantara Power UP Muara Tawar, Hermanto, Kamis (20/6/2024).

Menurut Hermanto, UP Muara Tawar bersama Bumdes Berkah Sejahtera juga melaksanakan penanaman pohon sebanyak 1.000 bibit mangrove di pesisir dan sungai konservasi, sehingga dapat mendukung program sungai konservasi yang sedang dikembangkan.

“UP Muara Tawar bersama IPB University juga melakukan edukasi dan sosialisasi ekosistem mangrove kepada 100 anak-anak di sekitar,” jelasnya.

Kendati, kegiatan ini juga menjadi bentuk implementasi Nusantara Voluntary Program dengan melibatkan karyawan UP Muara Tawar dalam kegiatan-kegiatan sosial, di mana sebanyak 50 karyawan UP Muara Tawar beserta Manajemen turun langsung melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan penanaman pohon.

“Kegiatan bersih-bersih pesisir diilakukan juga bersama kelompok nelayan di sepanjang sungai konservasi pada tanggal 18 sampai dengan 19 Juni 2024,” paparnya.

Sekedar diketahui, tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, dan UP Muara Tawar berkomitmen dalam upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan dengan memberdayakan masyarakat sehingga program-program yang dilakukan dapat mewujudkan masyarakat mandiri dan berwawasan lingkungan untuk mencapai keberlanjutan.***

Penulis: Guns