Dani Ramdan: Lebaran Yatim Jadi Sarana Penguatan Kesalehan Sosial dan Menjaga Keragaman Budaya Lokal

(doc.diskominfosantik)

KLISE.NEWS, KAB.BEKASI – Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menghadiri acara puncak Lebaran Yatim yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi (DKKB) yang berlangsung dari 29-31 Agustus 2022 di Lapangan Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung.

Dani Ramdan mengatakan, acara tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif sebagai wujud representasi penanaman dan penguatan kesalehan sosial serta menjaga budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Bekasi.

“Lebaran Yatim ini sungguh luar biasa, memadukan aspek ketaqwaan menjalankan agama dengan pemeliharaan kesenian. Pemerintah daerah sangat mengapresiasi karena rangkaian kegiatan ini juga dilakukan oleh swadaya para penggiat seni se-Kabupaten Bekasi,” ucap Dani, Rabu (31/08/22) malam.

Dani juga menyampaikan, apa yang dilakukan oleh DKKB menjadi pelepas dahaga dan kerinduan masyarakat karena selama dua tahun pandemi, aktivitas kesenian terpaksa harus ditiadakan.

Masyarakat juga sangat terhibur dengan serangkaian kegiatan pentas seni yang disuguhkan, bahkan sebelumnya juga ada gelaran 35 layar tancep untuk menghibur masyarakat secara gratis.

“Saya sangat terpukau dengan keanekaragaman budaya di Kabupaten Bekasi yang terdiri dari Sunda, Betawi, Banten, dan Jawa. Tetapi semuanya hidup dan harmoni saling berkolaborasi, saya kira tidak di semua daerah seperti ini. Tinggal kita berikan sarana dan wadahnya, tadi sudah dibicarakan dengan dinas terkait agar kegiatan ini menjadi kalender tahunan,” katanya.

Wajah-wajah yang tampak sangat bahagia juga terlihat jelas dari anak-anak yatim yang menerima santunan yang diberikan secara simbolis oleh Pj Bupati Bekasi. Senyum ceria mereka seolah menjadi pemicu semangat untuk terus merangkul dan memberikan kepedulian kepada mereka.

Penulis: Cr/DiskominfosantikEditor: Redaksi