Gandeng SMSI Sukabumi Raya, Ayep Zaki Center Gelar FGD

Ayep Zaki Center Gelar FGD.[doc.smsi]

Sementara itu, pemateri yang sekaligus sebagai Calon Anggota DPR RI dari Partai NasDem no urut 1 Dapil 4 Kota/Kabupaten Sukabumi, Ayep Zaki mengungkapkan, dirinya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif brangkat dari sebuah keprihatinan, bahwa kekuasaan secara politik harus diambil baik eksekutif maupun legislatif.

“Saya maju menjadi Caleg untuk kepentingan rakyat. Setelah saya banyak membantu masyarakat Sukabumi dan berkeliling, ternyata tidak cukup mengandalkan pribadi atau yayasan, perlu kekuatan secara politik baik eksekutif maupun legislatif. Karena setidaknya dua lembaga ini nanti yang akan membuat kebijakan yang berpihak terhadap rakyat,” ungkapnya.

Misalnya dalam hal tenaga kerja, di Kabupaten Sukabumi dari 1,45 juta angkatan kerja, tercatat masih ada sekitar 7,32 % yang termasuk kategori pengangguran terbuka atau sekitar 106 ribuan (data BPS tahun 2023). Belum lagi yang kena PHK sekitar 23 ribuan (data APINDO 2023).

“Ini jelas perlu regulasi yang berpihak kepada mereka. Solusinya sederhana berikan mereka pendidikan/keterampilan vokasi dan bahasa asing. Setelah itu tempatkan mereka pada lapangan kerja dalam negeri, bila perlu kirim ke luar negeri,” tegasnya.

Seperti yang sudah ia kerjakan selama ini. Di Kabupaten Sukabumi saja sudah ada binaan usaha mulai dari pertanian maupun industri kecil. Terdata ada 2 ribu kelompok yang dibina.

“Dari 2 ribu kelompok yang dibina, penyerapan karyawannya sudah mencapai 40 ribu orang. Ini kan luar biasa, apalagi nanti secara politik kekuasaan itu sudah diambil, bisa bertambah lagi,” tutur mantan guru SMKN 1 Kota Sukabumi itu.

Ia menyebutkan selama ini, pendampingan terhadap kelompok usaha dibjdang pertanian, industri kecil maupun UMKM, masih menggunakan uang pribadi (ia menyebut shadaqah).

Penulis: CrEditor: Redaksi