Gawat Tumpukan Sampah Mengalir di Kali Jambe Tambun, Ketum ARB Pinta Pj Bupati Bekasi Agar Tegas

Kali Jambe Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi [doc.klise]
banner 120x600

KLISE.NEWS, KAB. BEKASI – Lemahnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan, mirisnya salah satu kali Jambe Tambun Selatan dipenuhi sampah. Hal itu M Latif salah satu warga Jatimulya dan juga aktivis dan juga salah satu Ketua Umum Aliansi Rakyat Bekasi (ARB), geram melihat kali tersebut telah dicemari oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dengan video pendek yang berdurasi sekitar 20 menit milik warga memperlihatkan salah satu aliran sungai kali jambe Tambun Selatan dipenuhi sampah.

“Penumpukan sampah di kali jambe selama ini bukan dari warga sekitar yang membuang sampah di kali tersebut, melainkan kiriman sampah dari wilayah Kota Bekasi khususnya Bantar gebang lewat aliran sungai. Salah satunya adalah kali Jambe yang notabene berdampingan dengan pemukiman warga Jatimulya,” kata Latif, Selasa (13/09/2022).

Kata dia, ini bukan sekedar permasalahan sampah biasa atau nanya tentang pengiriman sampah saja, namun kearah dampak kepada warga, lingkungan atas kasus pengiriman sampah dari aliran sungai tersebut, dan hal ini sudah masuk ke dalam faktor kejahatan lingkungan hidup karena dilakukan berulang ulang tanpa ada solusi yang dilakukan, dan sebuah kejahatan pastinya akan ada konsekuensi hukum atas tindakan tersebut baik berdasarkan kealfaan dan atau masuk dalam unsur pembiaran.

“Memang mereka para pejabat hanya bisa berargumentasi jika ditanya soal kasus sampah dan pastinya akan langsung bereaksi jika sudah terjadi, namun mereka tidak merasakan langsung atas dampak yang timbul, kami lah warga yang merasakan langsung atas dampak yang terjadi,” ungkapnya.

Lebih lanjutnya dia mengatakan, selain bau yang kurang sedap, wilayah jatimulya kerap dilanda banjir yang menggenangi beberapa Rukun Warga (RW), karena lokasi sungai berdampingan dengan permukiman warga Jatimulya.