Berita, TNI  

Jelang Kukuhkan Rapala, Dirkerma Bakamla RI Temui Bupati Karangasem

Direktorat Kerja sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Melaksanakan Kunjungan Kerja di Kabupaten Karangasem. [doc.puspen]
banner 120x600

KLISE.NEWS, KAB. KARANGASEM — Direktorat Kerja sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Karangasem, Jl. Ngurah Rai No.31, Karangasem, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (26/10/2021).

Kedatangan rombongan Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Kerjasama Bakamla Laksma Bakamla Sandy M. Latief bersama Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas disambut hangat oleh Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa di ruang pertemuan Kantor Bupati Karangasem.

BACA JUGA :
Panglima TNI: Dengan Persatuan dan Kesatuan Semuanya Dapat Diselesaikan Dengan Baik

Laksma Bakamla Sandy M. Latief menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya. Dikatakannya bahwa pertemuan ini sebagai silaturahmi memperkenalkan Bakamla RI dan koordinasi perihal rencana pengukuhan Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Karangasem pada Rabu (27/102021).

Laksma Bakamla Sandy M. Latief membeberkan bahwa saat ini dalam menjamin keamanan dan kedaulatan di wilayah pesisir dan perbatasan sebagai aktor utama dan garda terdepan, dibutuhkan partisipasi masyarakat pesisir dan perbatasan dalam mengantisipasi ancaman dan gangguan keamanan dan keselamatan laut. Oleh sebab itu, pembentukan Rapala di Karangasem sangat membantu pelaksanaan tugas dan fungsi Bakamla dalam mengamankan perairan Indonesia.

Anggota Rapala adalah masyarakat pesisir yang dengan sukarela memiliki jiwa untuk bersama-sama ikut menjaga keamanan dan keselamatan laut khususnya di perairan Karangasem. “Dan wilayah Karangasem dipilih karena dekat dengan kantor SPKKL Bali Bakamla dengan maksud mempermudah dalam pembinaan selanjutnya,” kata Laksma Bakamla Sandy M. Latief.