Perguruan Elang Sigak Berpartisipasi di Ajang PORKAB 2023

Perguruan Elang Sigak Ikuti Turnamen Pencak Silat di PORKAB 2023. [doc.klise\gun]

KLISE, KAB. BEKASI — Ajang Pencak Silat Pekan Olahraga Kabupaten Bekasi (PORKAB) 2023 telah usai dilaksanakan. Namun, banyak menyisihkan atlit-atlit profesional yang berbakat dibidangnya. Seperti halnya Perguruan Silat Elang Sigak berhasil meloloskan dua atlitnya ke ajang PORKAB Kabupaten Bekasi Tahun 2023.

Reza Pahlevi, S.Pd. salah satu pelatih Perguruan Silat Elang Sigak mengatakan bahwa dirinya yang membawa Kecamatan Tambun Selatan menjuarai turnamen Pencak Silat di PORKAB 2023.

“Atlit yang di turunkan Perguruan Silat Elang Sigak merupakan atlit yang baru di rekrut dan bergabung selama 2 Minggu sebelum seleksi IPSI kecamatan Tambun Selatan. Alhamdulillah, mereka menguasai semua jalan jurus dengan baik dan benar dan berhasil menjuarai turnamen di PORKAB 2023 kemarin,” bangganya.

Kendati demikian, pelatih sangat puas dengan penampilan anak didiknya yang mampu bersaing dengan atlit-atlit yang sudah berpengalaman dari daerah lainnya.

Selanjutnya, kata dia, Tambun Selatan sendiri menempati urutan ke 7 pada cabor Pencak Silat dengan memperoleh 1 medali Emas, dan 1 Medali Perak.

Sementara Guru Besar Perguruan Silat Elang Sigak, Nur Muhamad, S. Kom mengatakan bahwa turunnya atlit Elang Sigak pada Olahraga prestasi tahun ini merupakan trobosan baru guna berpartisipasi dalam melestarikan budaya asli dari Indonesia yaitu Pencak Silat.

“Perguruan Elang Sigak sebelumnya hanya aktif di pergelaran Silat Budaya Tradisi, dan Guru Besar Perguruan Elang Sigak juga merupakan perintis pergerakan Silat Tradisi, dengan adanya trobosan baru ini, Guru Besar Perguruan Elang Sigak akan membentuk akademi pencak silat prestasi yang ia beri nama ESA ( Education Sport Akademi),” katanya.

Menurutnya, ESA sendiri merupakan akademi pendidikan yang bergerak di bidang pembinaan dan pelatihan. Di akademi, lanjut dia, di harapkan kedepan akan difocuskan pada pembinaan atlit-atlit pencak silat prestasi, yang akan di turunkan di setiap even olahraga yang di adakan oleh pemerintah.

“Ya, seperti O2SN, POPDA, POMDA, PORDA, merupakan even berjenjang yang di adakan oleh pemerintah untuk menyaring atlit-atlit berbakat di masa depan,” pungkasnya.

Penulis: GunEditor: Redaksi