Produksi CPO PT Dharma Satya Nusantara Tbk Mengalami Kenaikan

Ilustrasi

KLISE — PT Dharma Satya Nusantara Tbk membukukan pendapatan 9M-2023 sebesar Rp6,6 triliun, relatif sama dengan periode tahun lalu. Segmen kelapa sawit masih menjadi kontributor utama pendapatan Perseroan dengan menyumbang 88% dari total pendapatan atau setara dengan Rp5,8 triliun, naik 7% dibandingkan pendapatan kelapa sawit pada periode yang sama tahun lalu.

Capaian ini didorong oleh peningkatan produksi CPO yang mengalami kenaikan sebesar 7,5% secara YoY, yang dipicu oleh membaiknya produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) Perseroan, khususnya pada kuartal ketiga tahun ini. Pada sembilan bulan pertama tahun ini, produksi TBS DSNG naik 5,5% dibandingkan tahun lalu, sedangkan secara kuartalan, baik kebun inti maupun plasma mengalami peningkatan produktivitas yang signifikan, dengan kenaikan sebesar 14,5% untuk kebun inti dan 16,4% untuk plasma.

Produksi CPO, Palm Kernel (PK) dan Palm Kernel Oil (PKO) DSNG juga mengalami peningkatan, masing-masing sebesar 11%, 13%, dan 11%. Selain itu, OER pun menunjukkan peningkatan dari 22,84% pada Q2 2023 menjadi 23,50% pada Q3 2023, meskipun dibandingkan tahun sebelumnya OER hingga September tahun 2023 lebih rendah 0,5%. Harga rata-rata penjualan (average selling price/ASP) CPO juga lebih baik pada tahun ini senilai Rp 11,5 juta/ton.

Meskipun demikian, peningkatan pendapatan DSNG dalam periode ini juga diimbangi dengan meningkatnya biaya penjualan sebesar 11%, atau sekitar Rp 4,9 triliun, yang terutama disebabkan oleh kenaikan biaya pupuk, baik dari segi harga pupuk global maupun volume.

“Belum berakhirnya perang Rusia dan Ukraina menyebabkan harga pupuk masih berfluktuasi. Sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, cost of sales meningkat 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu”, jelas Andrianto Oetomo, Direktur Utama, PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

Untuk informasi selengkapnya, berikut kami lampirkan siaran pers dan investor newsletter unuk 9M-2023. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan kami mengucapkan terima kasih.

Salam,
Beni Wijaya | Corporate Communications Specialist
PT Dharma Satya Nusantara Tbk

Penulis: BrayEditor: Redaksi