Di Ajang Indonesia Martial Art Games I 2023 Cabor Hapkido Kota Bekasi Siap Rebut Mendali Emas

Licence Officer (LO) Hapkido Indonesia Martial Art Games I 2023. [doc.klise]

KLISE, KOTA BEKASI — Ajang Indonesia Martial Arts Games (IMAG) I 2023 akan mempertandingkan Cabang Olahraga (Cabor) Hapkido di Asrama Haji, Jl. Kemakmuran Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. (21/10/2023).

Licence Officer (LO) Hapkido Indonesia Martial Art Games I 2023, Rama Prames (23) yang merupakan warga Bekasi Selatan, Kota Bekasi mengatakan kita tunjuk untuk menjadi penanggung jawab di ajang pertandingan Cabang Olahraga Hapkido pada laga Indonesia Martial Art Games I.

“Nanti (Sore ini) kita akan melakukan technical meeting dengan seluruh Provinsi Kontingen Hapkido untuk menyambut laga perdana yang akan digelar besok (Minggu, 22 Oktober 2023) di Asrama Haji ini,” ujar Rama, Sabtu (21/10/2023).

Untuk sistem pertandingan, kata Rama, biasanya ada dua yang akan menjadi penilaian, pertama poin kedua keberhasilan dalam laga pertandingan. Jika itu ada knock-out atau diskualifikasi dalam laga pertandingan nanti, itu kembali ke pihak (penilaian) Juri. Yang pasti Pertandingan nanti sistem gugur. Pertandingan Hapkido akan berlangsung selama 2 hari.

“Karena ini laga Seni beladiri, kita berharap dalam pertandingan nanti tidak ada peserta atlet yang mengalami cidera fatal. Kalau menjunjung tinggi sportifitas itu sudah pasti,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ananda Mustofa (23) yang juga selaku Pendamping Kontingen (LO Hapkido) Indonesia Martial Art Games I 2023 yang merupakan warga Bekasi Timur, Kota Bekasi turut menyampaikan harapannya semoga kedepan Cabang Olahraga Hapkido bisa lebih dikenal di Indonesia sebab Hapkido ini masuk kategori baru di Indonesia dan juga mampu menanjakan diri ke kancah Internasional.

“Tahun 2022 kemarin, ada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Padang, Sumatera Barat Atlet Hapkido Bekasi mampu meraih dua Medali Emas, tiga Perak dan satu Perunggu,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Hapkido merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

Hapkido berisikan tenik pertarungan jarak dekat dan jarak panjang memanfaatkan tendangan sambil meloncat, serangan tangan, lemparan, kuncian, dan serangan pada titik jalan maupun titik saraf pada manusia.

Penulis: CrEditor: Redaksi