DPPPA Kota Bekasi Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi Kota Layak Anak

DPPPA Kota Bekasi Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi Kota Layak Anak di secara daring di Media Centre Gate 22 Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi, Rabu (16/06/2021).

Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Bekasi Dinar dalam kesempatannya memaparkan, Gambaran Umum Kota Bekasi, Komitmen (Kebijakan Kota Layak Anak), serta Pelaksanaan Pemenuhan Hak anak dan perlindungan anak. Adapun Jumlah anak pada tahun 2019 sebanyak 757.307 Jiwa sedangkan pada tahun 2020 hanya sebanyak 716.721 jiwa, hal ini menunjukan bahwa Indeks Pembangunan Manusia Kota Bekasi pada Tahun 2020 sebesar 81,50 sedikit menurun dibandingkan dengan Tahun 2019 sebesar 81,59.

“Komitmen melalui kebijakan/regulasi pelaksanaan perwujudan Kota Layak Anak di Kota Bekasi yaitu adanya komitmen, adanya kebijakan, adanya kelembagaan yang mendukung, adanya sumber daya yang mendukung serta adanya metode atau alat ukur yang mendukung” tandas Dinar.

BACA JUGA :
Wakil Walikota Bekasi Hadiri Pelantikan RW di Jakasetia

Dengan strategi pengintregasian Kota Layak Anak melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Tahap Perencanaan berdasarkan kebijakan koregulasi Kota Layak Anak (Mengacu pada RPJMD dan Renstra masing-masing OPD terhadap upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak)
  2. Tahap Penganggaran berdasarkan Rencana Aksi Daerah Pemenuhan Hak Anak Kota Bekasi yang sudah ditetapkan melalui Peraturan Wali Kota Bekasi  Periode 2018-2023, Nomor 68 Tahun 2020 (diuraikan dalam RKA dan DPA masing-masing OPD)
  3. Tahap Implementasi 5 (lima) Klaster Kota Layak Anak melalui 24 Indikator Pemenuhan Hak Anak yang sesuai dengan Tugas dan Fungsi masing-masing OPD yang masuk ke dalam Tim Gugus Tugas KLA).

Tingkatan katagori KLA yang diberikan oleh Kementerian PPPA RI adalah mulai dari tingkat Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. Adapun capaian tingkatan yang diperoleh Kota Bekasi pada penilaian tahun 2019 Kota Bekasi sudah mencapai tingkat Nindya. Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan sesi dialog tanya jawab oleh Tim Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dengan Pemerintah Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi berharap dengan melalui sinergitas Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Bekasi bekerjasama dengan Tiga Pilar, Masyarakat, dunia usaha serta dukungan dari media dapat meraih peningkatan kategori dengan predikat utama pada tahun 2021 ini.

Penulis: Bon/HMS/ADVEditor: Red