Plt Walikota Bekasi Dampingi Gubernur Jawa Barat Resmikan Sungai Kalimalang Mirip Sungai di Korea

banner 120x600

KLISENEWS, KOTABEKASI – Kawasan proyek revitalisasi Kalimalang, Bekasi, akhirnya diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti pekerjaan revitalisasi dan penataan Kalimalang pada Rabu (20/04/2022). 

Rencananya Saluran air di Kota Bekasi bakal menjadi wisata air mirip sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan yang terkenal sangat jernih dan rapi.

“Jangan menganggap jalur air itu hanya untuk mengalirkan air, kalau aliran itu melewati permukiman, peradaban manusia, maka dituntut satu fungsi tambahan yaitu fungsi sosial,” Kang Emil -sapaan karibnya Ridwan Kamil.

Menurut dia, ciri kota bahagia adalah orangnya sering nongkrong. Dengan begitu, ketika warganya tidak suka nongkrong atau hanya mau mager di rumah semata berati kotanya tidak bikin kangen.

“Maka perbanyaklah trotar-trotoar, perbanyaklah pohon-pohon yang teduh, perbanyaklah kursi, sehingga di luar rumahpun terasa manusiawi,” ucap Kang Emil.

Ia juga berpesan agar nanti ditambahkan sebuah jembatan penghubung bagi pejalan kaki untuk menyambungkan antara sisi utara dan sisi selatan Sungai Kalimalang.

“Kalau kita lihat ke arah kiri kanan saya, suasanya sudah kerenlah, sesuai dengan slogan Bekasi. Ada sungai lewat kota itu mahal, apalagi sungai/kali nya relatif bersih,” tukas dia.