Laporan Rekapitulasi Dinas Kesehatan Mengenai BOR

Rahmat Effendi, Walikota Bekasi

KLISENEWS, KOTA BEKASI – Sesuai dengan data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi terdata Sabtu, 19 Juni 2021 mengenai ketersediaan Bed Occupacy Rate (BOR) di Kota Bekasi mencapai 86,03 % dengan rincian dari ketersediaan tempat tidur isolasi di semua Rumah Sakit di Kota Bekasi untuk terisi sudah mencapai 1669 tempat tidur, namun dalam ketersediaannya pada kapasitas 1940 tempat tidur.

Kategori ketersediaan tempat tidur baik Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Bekasi maupun Rumah Sakit Swasta di Kota Bekasi sudah menampakan pada Full kapasitas ataupun hanya beberapa RS yang tersedia dalam melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Bekasi.

BOR yang dikhususkan untuk ICU Covid 19 mencapai angka presentase di 66,87 %, dengan tersedianya kapasitas 157 tempat tidur dan terpakai sudah 105 tempat tidur di seluruh RS di Kota Bekasi.

BACA JUGA : Penembakan Pemred Media Siber di Sumut, SMSI DKI Jakarta Desak Pihak Kepolisian

Jumlah pasien yang terdata pada data Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) berdomisili di Kota Bekasi mencapai 1062 jiwa dan untuk KTP di luar Kota Bekasi berjumlah 671 jiwa.

Rekapitulasi data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengenai laporan BOR ketersediaan ruang isolasi untuk Covid 19 di Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Bekasi, diantaranya sebagai berikut :

  1. RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid dari jumlah Tempat Tidur (TT) kapasitas 235 TT telah mencapai 269 TT terisi dan dinyatakan Full.
  2. RSUD type D Bantargebang dari 31 TT terisi 29 TT, masih tersedia 3 tempat tidur
  3. RSUD type D Jatisampurna terisi full 28 tempat tidur.
  4. RSUD type D Pondok Gede terisi Full 34 Tempat tidur.
  5. RSUD type D Bekasi Utara 98 TT terisi 41 TT dengan tersedianya tempat tidur berjumlah 57 TT.
  6. RSD Stadion PCB dengan kapasitas 100 TT telah terisi 40 TT dengan ketersediaan 60 TT.

Di infomasikan untuk ketersediaan tempat tidur di RSUD type D Bekasi Utara hanya melayani pasien darurat tanpa gejala atau gejala ringan saja sama hal nya seperti di RSD Stadion Patriot Candrabhaga hanya untuk merawat pasien tanoa gejala atau tidak adanya penyakit bawaan (comorbid).

Adanya kegiatan vaksinasi massal apda Stadion Patriot Candrabhaga untuk para warga Kota Bekasi, ketersediaan tempat tidur juga hanya diprioritaskan di gate 12 dan gate 13 saja, untuk ruangan di gate 7 masih terpakai untuk petugas medis yang akan melayani kegiatan vaksinasi massal karena harus steril.

Penulis: HmsEditor: Red