Daerah  

Pekerjaan Pemasangan U-ditch Di Karang Satria – Indoporlen Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

Pembangunan Proyek Drainase Di Karang Satria - Indoporlen, Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. [doc.klise]

“Apalagi untuk biaya anggaran lebih besar yang comot di etalase e-katalog, dengan harga Rp1.651.600.00, terpasang, makanya untuk lantai kerja harus tebal 5 cm, karena sudah tercantum di lingkup pekerjaan saluran ukuran u-ditch 60X60 cm plus tutup u-ditch type HD 60×60 cm,” ungkap Yanto kepada awak media.

Lebih lanjut Yanto mengatakan, karena fungsi permulaan lantai kerja untuk dapat mengontrol elevasi dengan permukaan saluran drainase yang bisa dipasangkan, sehingga saat u-ditch precast yang sudah diturunkan bagian elevasinya bisa diaplikasikan dengan cukup baik.

“Kalau cara sistem kerjanya tidak memperhatikan elevasi, maka aliran air tidak mengalir dari hulu ke hilir dan aliran air tidak akan menyambung, bisa terjadi genangan air,” ulasnya.

Perlu diketahui, sambungnya, untuk pekerjaan pemasangan saluran precast dengan spesifikasi u-ditch ukuran 60x60cm dan tutup u-ditch type HD 60×60cm termasuk lantai kerja pasir urug tebal 5cm dan perapian tanah pada sisi-sisi u-ditch setelah dilakukan timbunan tanah kembali, metode pekerjaan lebih detail mengikuti Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2.

Penulis: Cr/DenEditor: Redaksi