Daerah  

Pemkab Bekasi Kolaborasi dengan Google Indonesia Akselerasi Program Digitalisasi Sekolah

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan. [doc.hms]

“Dari pusat, dari provinsi mungkin dari APBD kita juga bisa lebih diprioritaskan ke arah sana, atau dari stakeholder yang lain, dari industri atau swasta yang bisa membantu, ini harus digali, termasuk juga dari kendala sisi orang tua murid yang masih berpandangan ‘merepotkan’, harus punya wifi, kuota,” tuturnya.

Country Lead Google for Education Indonesia, Olivia Basrin mengatakan, generasi hari ini sejak lahir memang telah terbiasa dengan teknogi digital. Untuk para siswa sekolah, para guru perlu diajarkan kemampuan untuk bisa mengoperasikan teknologi dalam pembelajaran.

“Makanya kami lakukan kegiatan hari ini adalah untuk membantu dari sisi penguatan gurunya. Agar mereka tahu nanti, ruang kelasnya mau dipersiapkan seperti apa, proses belajar mengajarnya, apa yang dilakukan siswa, dan guru. Supaya pemanfaatan sarana yang sudah disediakan baik TIK, maupun pembelajaran belajar.id ini bisa dimanfaatkan dengan optimal,” jelasnya.

Olivia menambahkan, Google Indonesia memiliki program sertifikasi guru yaitu, Google sertified educator yang berlaku secara internasional. Sertifikat ini dapat membantu para guru memperluas ruang mengajar secara digital, sampai mengajukan mengajar di sekolah lain. Mengenai sertifikasi ini sudah ada 84 guru di Kabupaten Bekasi yang tersertifikasi.

“Untuk di Kabupaten Bekasi, ada 84 sertified, 3 sertified trainer. Jadi kita punya sertifikat level 1 dan 2 itu yang dasar, dan yang trainer itu level 3, sertifikasi ini diakui secara internasional. Jadi sertifikasi ini layaknya micro credentials yang dikumpulkan profesi-profesi lainnya,” katanya.

Penulis: CrEditor: Redaksi