Sambut Tuan Rumah Porprov 2026, Ketua Umum KONI Kota Bekasi Buka Kegiatan Pelatihan Pelatih Cabor Beladiri

KONI Kota Bekasi Menggelar kegiatan Pelatihan Pelatih Tingkat Dasar Cabang Olahraga (Cabor) Bela Diri. [doc.klise]

KLISE, KOTA BEKASI — Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Tri Adhianto membuka kegiatan Pelatihan Pelatih Tingkat Dasar Cabang Olahraga (Cabor) Bela Diri yang akan berlangsung selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (29-30/11/2023).

Tema yang diangkat pada pelatihan tersebut yakni, “Kita Tingkatkan Prestasi Atlit Kota Bekasi Menuju Tiga Besar pada Porprov XV Jabar 2026”.

Pada kesempatan itu, Tri Adhianto berpesan agar para pelatih bisa mengikuti pelatihan dasar dengan baik, sehingga nantinya mereka bisa menjadi pelatih yang profesional dan mampu mencetak atlet-atlet yang lebih supportif dan handal.

“Ini adalah langkah awal untuk kita bisa mengejar dan menggapai target tiga besar di ajang Porprov Jawa Barat 2026 mendatang. Semoga pelatihan ini bisa diikuti dengan baik dan bisa diserap ilmunya sebanyak-banyaknya,” ujar Tri.

KONI Kota Bekasi [doc.klise]

Selain itu, Tri juga mengatakan bahwa tujuan daripada digelarnya kegiatan tersebut yakni guna melahirkan pelatih-pelatih bersertifikasi dan memiliki legalitas untuk membina para atlet, khususnya Cabor bela diri.

“Dengan pelatih yang telah bersertifikat dan memiliki legalitas untuk membina atlet, diharapkan kita benar-benar mampu menuju prestasi, khususnya Porprov Jabar besok,” papar Tri.

Adapun pada pelatihan tersebut, diikuti oleh peserta sebanyak 28 orang yang berasal dari 15 cabor. Selanjutnya, terdapat 7 materi yang disampaikan oleh lima orang pemateri, yakni Dindin Abidin, Abi Hasbullah, Hasan Basri, Dikdik Zafar Sidik, dan Evi Susanti.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Natcha Librania Siregar mengatakan Program kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi yang pertama ini di Bidang Kepelatihan, dibuat Pelatih tingkat dasar. Ini nanti dibuat berjenjang, ada Madya, Utama dan di akhiri nanti dengan Uji Kompetensi. Cabang olahraga ini dikumpulkan sesuai Cabornya itu khusus Beladiri.

“Sebagai Pemateri Periodisasi Latihan, DR. H. Dikdik Zafar Sidik, M.Pd. Untuk Terori Latihan dan Sport Analisis, Abi Hasbullah AFD, AIFO-P, untuk LTAD, Dr. Dindin Abidin, S.Pd, M.Si, untuk Psikologi Kepelatihan, Hasan Basri, S.Pd, M.Pd, untuk pemateri Recovery, Evi Susianti, untuk Komponen Biomotor Fisik, DR. H. Dikdik Zafar Sidik, M.Pd. Untuk peserta Pelatihan, itu seluruh Cabang Olahraga Beladiri Anggota KONI Kota Bekasi, diikuti 15 Cabang olahraga Seni Beladiri” papar Natcha Librania Siregar.

Dengan adanya kegiatan ini, sambung Natcha Librania Siregar, kita berharap supaya ada Sumber Daya Pelatihan yang dimiliki oleh KONI Kota Bekasi, dan mampu menciptakan atlit-atlit berprestasi baik tingkat Nasional maupun Internasional. Dan antusias para peserta di apresiasi,” imbuh Natcha Librania Siregar mengakhiri.

Ditempat yang sama, Mega Alawiyah Sudirman salah peserta perwakilan Pelatih Wushu mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi para pelatih sebagai Pelatih di KONI Kota Bekasi. Ini semua olahraga seni beladiri, seperti Taekwondo, Muan-Thay, Wushu, Silat, Kempo, Judo, Sambo, Anggar, Tarung derajat, Ju-Jitsu, Gulat, dan lainnya yang mana ini untuk menyambut kita sebagai Tuan Rumah di Porprov 2026 nanti.

“Antusias peserta sungguh luar biasa, ditambah para pemateri yang cukup luar biasa. Semoga apa yang sudah diberikan oleh para narasumber akan diterapkan oleh para pelatih kepada para atlit-atlit yang nanti mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat 2026,” pungkasnya.

Penulis: YessyEditor: Redaksi