Wabup Subang Dukung Program Pilot Project Retorasi Mangrove, Ini Penjelasan

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi. [doc.satuarah]

KLISE.NEWS, SUBANG — Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mendukung program pilot project retorasi mangrove, sebagai tindak lanjut pemanfaatan drone untuk pelestarian hutan dan mangrove, di wilayah kerja KPH Purwakarta yang meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang.

Hal ini disampaikan Agus Masykur Rosyadi kepada awak media di Ruang Rumdin Wabup Subang, Sabtu (4/9/21). Menurutnya, tanaman mangrove adalah tanaman yang memiliki beragam manfaat, khususnya bagi masyarakat pesisir dan kepulauan. Mangrove berfungsi sebagai penahan ombak, badai, melindungi daratan dari erosi dan abrasi.

BACA JUGA : Proyek Miliaran Pengecoran Jalan Raya H. Bosih Diduga Asal Jadi

“Hutan Mangrove menjadi filter alami sungai dari polutan dan menjaga kelebihan sedimen mencapai laut. Peran mangrove juga penting dalam menjaga biota laut dan berdampak besar pada ekonomi masyarakat sekitar. Keberadaan mangrove berdampak langsung bagi komunitas lokal,” kata Agus.

Dan untuk manfaat ekonomi, kata Wabup, mangrove juga memiliki dampak besar terhadap masalah iklim. “Studi menunjukkan hutan mangrove dapat menyerap karbon empat kali lebih banyak daripada hutan hujan (rainforest). Sebagian besar karbon ini disimpan dalam tanah di bawah pohon-pohon mangrove,” katanya.