Ahli Ekonomi Dorong Pemerintah Impelentasikan Nilai-nilai Ekonomi Pancasila

Ahli Ekonomi Prof. Emil Salim, MA., Ph.D. [doc.net]
banner 120x600

KLISE.NEWS, JAKARTA — Ahli Ekonomi Prof. Emil Salim, MA., Ph.D mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan nilai-nilai ekonomi Pancasila. Menurutnya nilai-nilai ekonomi Pancasila dipercaya sebagai kunci menuntaskan ketimpangan-ketimpangan social yang selama ini masih terjadi.

Salah satu implementasinya adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di segala sector seperti sector Pendidikan. Ditengah pandemi Covid-19 menjadi sangat terlihat ketimpangan seperti kurangnya pembangunan fasilitas dan infrastuktur sehinga harus menjadi perhatian serius dalam mewujudkan keadilan social.

BACA JUGA : Presiden Menekankan Transformasi Ekonomi Berbasis Teknologi Hijau Menuju EBT

“Keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara riil. Pembangunan perekonomian Indonesia memang terjadi, namun nyatanya tidak merata kepada seluruh bangsa Indonesia” ujarnya saat menyampaikan keynote speechnya dalam webinar Talk Series #5 dengan tema “Sistem Ekonomi Pancasila dalam Perwujudan Jati Diri Nasional yang Berdaya Saing” Senin, (30/8/2021).

Menurut seorang cendikiawan itu mengakui orang yang memiliki harta mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, sedangkan orang yang harta kekayaannya tidak banyak atau bahkan tidak ada tidak akan merasakan pembangunan.

“Sebanyak 1% masyarakat Indonesia memiliki kekayaan 4%-5% seluruh total kekayaan Indonesia, hal ini menunjukkan ada pengamalan nilai keadilan sosial yang tidak terjadi di Indonesia, dimana pembangunan hanya dirasa oleh sebagian golongan masyarakat saja”, ucapnya.