Bakamla RI Hadiri Pertemuan International Seapower Symposium Tahun 2023

Kegiatan International Seapower Symposium (ISS) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Naval War College, Newport- Rhode Island, USA. [doc.puspen]

KLISE, AMERIKA SERIKAT — Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D. M.Tr.(Han)., mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., menghadiri kegiatan International Seapower Symposium (ISS) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Naval War College, Newport- Rhode Island, USA.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 19-22 September 2023 yang dihadiri oleh lebih dari 100 negara. Tamu undangan merupakan para pimpinan Angkatan Laut dan Coast Guard dari berbagai belahan dunia. Tahun ini, ISS sudah menginjak tahun ke-25 diselenggarakannya, tema yang diusung yaitu “Security Through Partnership” yang dipimpin dan diketuai langsung oleh Acting Chief of Naval Operation/CNO US Navy, Admiral L.M Franchetti.

Dalam kesempatan ini, Deputi Jakstra Kabakamla RI juga menyempatkan untuk melaksanakan Bilateral Meeting dengan Deputy Commander Pacific Area USCG, Vice Admiral Brendan C.McPherson, dalam rangka menyampaikan kegiatan kerja sama yang akan dilaksanakan antara Bakamla RI dgn USCG.

ISS merupakan acara rutin yang mempertemukan para pemimpin atau senior angkatan laut dari seluruh dunia untuk membahas isu-isu terkait keamanan, kerja sama, dan strategi maritim, seperti pencegahan pembajakan di laut, kontra-terorisme, penanganan bencana alam serta bantuan kemanusiaan, serta pelaksanaan operasi koalisi militer dan operasi penegakan hukum dilaut dalam penanganan perdagangan senjata, narkoba, perdagangan manusia, perikanan dan pelanggaran pencemaran dilaut.

Tujuan diadakannya ISS yaitu sebagai forum kegiatan internasional bagi pimpinan Angkatan Laut seluruh dunia untuk mengamati dan menganalisa tantangan maritim dan mencari peluang untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan maritim dalam rangka kerja sama dan kemitraaan bidang keamanan maritim.

Penulis: CrEditor: Redaksi