Bakamla RI-Korea Coast Guard Lakukan Pertemuan Bilateral Ke-2

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Commissioner General Korea Coast Guard (KCG) Kim Jong Uk di Incheon, Korea Selatan, Senin (3/7/2023). [doc.hmsbakamlaRI]

KLISE.NEWS, INCHEON – Melanjutkan hubungan baik dan kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2018, dan meneruskan keberhasilan dari pertemuan bilateral pertama di tahun 2019, Bakamla RI kembali melakukan Pertemuan Bilateral Ke-2, di Incheon, Korea Selatan, Senin (3/7/2023).

Pertemuan yang dihadiri pucuk pimpinan tertinggi kedua instansi ini, membahas program kerja sama yang dilakukan di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Commissioner General Korea Coast Guard (KCG) Kim Jong Uk sepakat untuk terus berkolaborasi dalam ranah keamanan dan keselamatan laut di kawasan.

Program kerja sama yang dibahas meliputi kegiatan peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, dan terus melakukan pertemuan secara berkala untuk membahas kondisi aktual di perairan masing-masing negara.

Tidak hanya itu, kedua instansi juga berusaha untuk terus membangun komunikasi positif dan aktif, melalui pelibatan dalam kegiatan kemaritiman yang berlangsung di masing-masing negara.

Diharapkan kerja sama ini dapat terus menguat, seiring dengan perkuatan pengamanan di kawasan Selat Malaka yang menghubungkan jalur transportasi antara Asia Timur, India, Timur Tengah dan Afrika.

Bakamla RI dan KCG sepakat bahwa pengamanan laut di kawasan tidak dapat dilakukan sendiri, namun dibutuhkan kolaborasi yang kuat dan berkesinambungan antar instansi negara sahabat.

Penulis: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.Editor: Redaksi