Dongeng Ala BAKAMLA RI di RDP Dengan Komisi I DPR

Laksda TNI (Purn) Soleman B. Ponto, S.T., M.H.

KLISE.NEWS Bakamla mulai lagi mendongeng di DPR. Pada beberapa bulan lalu Bakamla RI pernah melaporkan ke DPR bahwa mereka telah menangkap kapal Iran, MT Horse. Pelanggaran yang dilakukan oleh MT Horse saat itu adalah keberadaan senjata, melakukan transhipment bahan bakar, menutup nama kapal, dengan indikasi AIS dimatikan pada baringan 260 jarak 17NM posisi 00° 02′ U – 107° 37′ T.

Untuk meyakinkan kehebatannya lalu mereka laporan ke Menkopolhukam dan Menkomaritim, karena para penyidik tidak mau menerima tangkapannya. Setelah jalan buntu akhirnya masuk kepengadilan. hasilnya, semua tuduhan dari Bakamla tidak terbukti, kapal Iran tersebut berlayar pula dengan bebas.

BACA JUGA : Jelang PON XX, Perbakin Dan Kodam XVII/Cenderawasih Gencarkan Serbuan Vaksinasi

Sekarang mereka balik lagi ke DPR dengan membuat dongeng baru. Dongeng mereka kali ini bahwa ada ribuan kapal di teritorial dan ZEE Indonesia. Hal ini diketahui dimana pada hari Senin tanggal 13 September 2021 pada RDP dengan Komisi I DPR, Bakamla menyatakan bahwa Teritori lautan Indonesia lagi-lagi kemasukan kapal asing milik negara tetangga Vietnam dan China. Mirisnya, jumlah kapal yang masuk tidak bisa dihitung jari.

Kabar ini disampaikan Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksda S. Irawan, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/9).