Penghargaan SMSI: Azyumardi Azra Pelopor Pers Merdeka

Almarhum Prof Azyumardi Azra (Ketua Dewan Pers) sebagai Pelopor Pers Merdeka. [doc.net]

KLISE.NEWS, JAKARTA — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) memberikan penghargàan kepada almarhum Prof Azyumardi Azra (Ketua Dewan Pers) sebagai Pelopor Pers Merdeka.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum SMSI Firdaus dan diterima Emily Sakina Azra, putri bungsu almarhum, pada Malam Anugerah SMSI 2023 di Hall Dewan Pers Jl Kebon Sirih Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Saat penyerahan award itu Firdaus mengatakan, SMSI memberikan Anugerah Pelopor Pers Merdeka kepada sosok aktivis pers yang gigih memperjuangkan independensi media dan wartawan untuk membebaskan diri dari kendali dan hemegoni kekuasaan dan menempatkan pers sebagai pilar keempat demokrasi.

Anugerah Pelopor Pers Merdeka diberikan kepada Profesor H Azyumardi Azra, MA, M Phil, Ph D, CBE atas dasar bahwa sosok ini telah memperjuangkan kemerdekaan pers dengan melindungi media-media kecil di daerah, melindungi ribuan perusahaan media pers start up yang sedang berkembang.

Dalam kebijakannya, Prof Azyumardi menegaskan bahwa untuk urusan bisnis media, pemerintah tidak perlu mencampuri terlalu jauh. Hal ini mengandung maksud agar media dapat berinovasi dalam mengembangkan bisnis perusahaan pers dan dapat berjalan sesuai perkembangan zaman.
Untuk kesinambungan pers di Tanah Air, Prof Azyumardi Azra memperjuangkan agar pers kampus dan youtuber dapat menjadi bagian dari pers nasional yang hasil kerjanya masuk dalam kategori karya jurnalistik.

Kepergiannya meninggalkan amanat agar pers beserta pemangku kepentingan tetap dalam semangat merawat dan menjaga kemerdekaan pers seperti yang selalu disampaikannya dalam berbagai kesempatan.

Almarhum Prof Azyumardi Azra adalah pemikir yang visioner. Pemberian anugerah ini didedikasikan semata agar semangatnya mengawal kemerdekaan pers di Tanah Air terus dijaga demi kehidupan demokrasi yang lebih baik.

Emily Arnaka Azra yang hadir mewakili ayahandanya menyambut dengan haru dan bahagia pemberian anugerah Pelopor Pers Merdeka sebagai dukungan dan langkah lanjut perjuangan serta cita-cita Prof Azyumardi Azra akan masa depan pers Indonesia. “Terima kasih kepada Ketua Umum SMSI Pak Firdaus dan jajarannya,” ungkapnya.

Penulis: CrEditor: Redaksi