Wagub Katakan Bahwa Jawa Barat Miliki Potensi Jumlah Jenis UMKM Paling Banyak

 ” Karena E Katalog ini dapat menjangkau seluruh penjuru dunia, sehingga menjadi platform yang menjadi penjembatan antara pembeli dan penjual sehingga lebih memudahkan untuk dapat mempromosikan kuliner maupun produk nusantara ke Pasar dunia, ungkap Tika Riyanti Rukmana, Sekretaris Pesi Jabar dalam pemaparan sosialisasi E Katalog.

Acara webinar makin menarik dengan hadirnya tiga narasumber yang makin menambah ilmu dan pengetahuan bagi peserta webinar terkait apa dan bagaimana caranya produk UMKM bisa di ekspor dipaparkan oleh M.Budi Negoro, Owner Bisnizd.id yang juga seorang pengusaha ekspor import.

Lalu ada narasumber, Kang Mardi yang memberikan trik- trik dan potensi apa saja yang bisa dilakukan pelaku UMKM dalam bisnis kuliner yang praktis namun berkualitas mutu dan gizinya seperti halnya masakan Jepang.

BACA JUGA : Menolak Rencana Pembangunan USB, Kokom: Seluruh Warga SDIT Bina Lestari Menyatakan tidak Setuju

Dilanjut dengan pemaparan materi dari Mom Preneur, Tata Irianty yang banyak digandrungi followernya di Instagram mampu membuat para peserta sadar bahwa kualitas,mutu produk, manajemen keuangan dan service yang memuaskan bagi customer sangat penting bagi kemajuan usaha.

Terakhir dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabid Industri Pariwisata, Lusi Lesminingwati mengingatkan perlunya kolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan produktivitas dan kemajuan dunia pariwisata melalui pelatihan dan pendidikan baik terkait perijinan, digital marketing dan promosi baik nasional maupun internasional.

”Kami menyambut baik peran serta masyarakat terutama komunitas atau organisasi seperti Pepes yang punya andil dalam memberikan pembinaan dan pengembangan agar pelaku UMKM bisa bangkit dan mendukung dunia pariwisata bangkit dan ekonomi pulih kembali”. 

Penulis: YessiEditor: Red