Antisipasi Banjir, Perangkat Desa Srimukti Bersihkan Eceng Gondok

Perangkat Desa Srimukti Membersihkan Eceng Gondok Disepanjang Saluran Sungai dan Empang. [doc.klise]

KLISE, KAB. BEKASI – Sejumlah perangkat Desa Srimukti bersama Paguyuban Rukun Tetangga dan sejumlah warga membersihkan eceng gondok disepanjang saluran sungai dan empang Desa Srimukti, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Kepala Desa Srimukti , Sandam didampingi Sekdes H. Gejos menyatakan kegiatan bersih-bersih eceng gondok sebagai upaya pencegahan banjir.

“Kegiatan bersih-bersih eceng gondok ini supaya air sungai mengalir lancar dan tidak tersumbat oleh tanaman eceng gondok yang memenuhi sungai,” kata Sandam

Menurut Sandam, keberadaan tanaman eceng gondok juga menyebabkan pendangkalan sungai karena tanaman jenis ini sangat cepat tumbuh di air terlebih di musim hujan.

Pembersihan sungai dan empang Desa Srimukti ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan sehingga dilaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan yang banyak ditumbuhi tanaman liar seperti eceng gondok.

“Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan kebersihan lingkungan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana seperti banjir,” tegas Sandam.

Penulis: GunEditor: Redaksi