Bekas Pabrik Kertas Sudah Tiga Kali Terbakar, Mahasiswa Lapor Tentang Limbah Malah di ‘Abaikan’ Dinas LH

Lokasi yang Terbakar
banner 120x600

KLISENEWS, KOTA BEKASI – Lahan gambut bekas PT Kertas Bekasi Teguh kembali terbakar pada hari selasa (27/07/21) yang berada di Jalan raya perjuangan, Margamulya, Bekasi Utara samping kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Sering terjadi kebakaran di lahan gambut ini, dikarenakan adanya limbah padat yang mengendap dan adanya bekasan batu bara di dalam tanah tersebut sehingga terus menerus terjadinya kebakaran jika cuaca sedang panas panasnya.

BACA JUGA :
Bekas Pabrik Kertas di Bekasi Terbakar, 4 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Salah satu mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta raya, Puji Nugraha Ridwan mengatakan, mengingat persoalan ini sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat sekitar dirinya melakukan pelaporan tersebut kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, rabu (28/07/21).

“Sudah 3 kali saya laporkan persoalan ini langsung ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, akan tetapi tidak kunjung usai sampai saat ini,” ujar japong sapaan akrabnya.

BACA JUGA :
Pria 37 Tahun Ditemukan Tewas Tersangkut Penyaring Sampah

Dirinya pun menjelaskan bahwa lahan gambut tersebut bekas PT. Kertas Bekasi Teguh yang saat ini tidak beroperasi lagi, PT tersebut meninggalkan bekas Limbah padat yang mengendap sehingga ketika panas bisa membakar lahan gambut tersebut.

“Waktu itu kita pernah langsung membawa sample tanah dan air di lahan tersebut agar dinas lingkungan hidup kota bekasi bisa menguji lab dan dilakukannya penelitian dan tindakan,” paparnya.