Daerah  

Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 Sukses Tampilkan Kekayaan Kebudayaan Nusantara

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kanan) Bersama Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto. [doc.klise]

KLISE, KOTA BEKASI — Dalam rangka puncak perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 pada Minggu (20/08/2023). Kegiatan karnaval diawali dengan arak-arakan Plt Walikota Bekasi beserta istri dengan menggunakan kereta kencana khas solo.

Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 dilaksanakan di Jl. Ahmad Yani Kecamatan Bekasi Selatan dengan menghadirkan berbagai penampilan kebudayan se- Nusantara yang dikemas dalam pawai karnaval dengan titik start di depan RS Mitra Keluarga Bekasi Barat dan finish di Landmark Kota Bekasi (Taman Hutan Kota Patriot).

Banyak penampilan yang disajikan di Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 dan totalnya mencapai 18 jenis penampilan yang dibuka dengan penampilan Marching Band Tajimalela 202 lalu disambut Kirab Bendera Merah Putih oleh unsur TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP.

Penampilan kebudayaan Nusantara pun tidak kalah memukau, mulai dari Tari Ronggeng Beken yang dibawakan oleh 3000 Siswi se- Kota Bekasi, penampilan 12 Tarian Khas Nusantara yang ditampilkan oleh seluruh Sanggar Kesenian yang ada di Kota Bekasi, lalu ada Atraksi Polisi Cilik dari Polres Metro Bekasi Kota yang akan mengikuti kompetisi Tingkat Nasional, ada juga Atraksi Lompat Batu Khas Kepulauan Nias, juga ada Parade Pakaian Daur Ulang Hias sebagai salah satu bentuk upaya pengurangan sampah di Kota Bekasi, serta lebih banyak lagi sajian penampilan kebudayaan Nusantara lainnya.

Tidak ketinggalan, Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 juga menghadirkan pawai mobil hias dengan tema dan desain yang menarik dan ikut serta juga para aparatur dalam setiap Peringkat Daerah sebagai peserta pawai yang mengenakan Baju Adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Masyarakat Kota Bekasi terlihat sangat antusias menyaksikan langsung Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 bahkan meramaikan dan memenuhi sepanjang jalur pawai bak lautan manusia.

Terlebih lagi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkesempatan hadir di tengah kemeriahan Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 yang disambut hangat oleh peserta pawai dan tentunya masyarakat Kota Bekasi.

“Sebuah gelaran kebudayaan yang luar biasa, berbagai macam penampilan ada di sini, yang berperan besar dalam menjaga kekayaan budaya Nusantara agar tetap lestari, sehingga dikenal dan dikenang oleh semua kalangan usia sepanjang masa, dan apresiasi sebesar-besarnya diberikan kepada Mas Tri dan seluruh jajarannya, serta tentunya sebuah kebanggan dapat melihat langsung antusias masyarakat Kota Bekasi yang telah memeriahkan gelaran ini,” ucap Ridwan Kamil saat sambutan.

Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto menyampaikan rasa bahagianya atas suksesnya penyelenggaraan Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 yang melibatkan ribuan penampil dan puluhan penampilan kebudayaan Nusantara sebagai wujud harmonisasi dan wujud keberagaman di Kota Bekasi.

“Kota Bekasi adalah kota yang heterogen, yakni masyarakatnya terdiri dari beragam suku, ras, dan agama. Selain sebagai upaya melestarikan budaya Nusantara, Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 juga hadir sebagai wujud kerukunan dan toleransi serta multikulturalisme di Kota Bekasi yang musti bersama kita jaga dan junjung tinggi, agar bersama senantiasa hidup didalam sebuah keharmonisan tanpa ada perselisihan, karena kita semua Warga Negara Indonesia yang Bhinneka Tungga Ika, Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu!,” pungkas Tri.

Penulis: Cr/HmsEditor: Redaksi










Exit mobile version