Berita, TNI  

Bakamla RI Kukuhkan 30 Rapala di Ambon

Foto : Humas Bakamla RI

KLISE.NEWS, KOTA AMBON – Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono bersama Direktur Kerja sama Kolonel Bakamla Purwanto Djoko secara resmi mengukuhkan 30 Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Aula Salah Satu Hotel di Kota Ambon, Jumat (22/4/2022).

Pengukuhan Rapala secara simbolis dengan penyerahan bendera Rapala berkelirkan logo Bakamla RI oleh Kolonel Purwanto Djoko dan Rompi Rapala oleh Laksma Arif Sumartono kepada tiga orang perwakilan Rapala.

Laksma Bakamla Arif Sumartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa posisi strategis Kota Ambon yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan menghadap langsung ke ALKI-III dengan sumber daya dan potensi kelautan yang tinggi. Hal tersebut adalah salah satu anugerah yang dimiliki kota Ambon dan perlu kita jaga kelestarian laut serta sumber dayanya.

Dalam menjaga sumber daya dan potensi alam tersebut diperlukan kepedulian, sinergi, serta kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah. “Peran pemerintah dalam melakukan pembinaan masyarakat diwujudkan oleh Bakamla melalui pembentukan Rapala di Kota Ambon ini,” jelas Laksma Bakamla Arif Sumartono.

Menyambung sambutan Kazona Timur, Kolonel Purwanto Djoko menambahkan bahwa Rapala yang terbentuk nantinya memiliki tugas menjadi mitra Bakamla RI dalam membantu melaksanakan pengawasan terhadap keamanan laut, membantu melaksanakan tugas keselamatan laut dan membantu melaksanakan tugas perlindungan lingkungan laut.