Guru Besar BINUS University, Prof. Benfano Tekankan Pentingnya Merubah Paradigma Menghadapi Serangan Siber

Prof. Benfano Soewito, M.Sc., Ph.D.[doc.klise]

Lanjutnya, Prof. Benfano mengungkapkan hal yang perlu menjadi perhatian untuk menghadapi serangan siber, yaitu fokus kepada pencegahan, yang dilakukan tidak fokus ke satu area melainkan renovasi infrastruktur IT beserta aplikasinya, training dan dilengkapi dengan kebijakan yang memberikan arahan pengembang aplikasi mengenai tujuan, manfaat dan goals yang harus dicapai.

Prof. Benfano kemudian menutup orasinya dengan kesimpulan, para profesional keamanan siber harus terus beradaptasi untuk mengatasi ancaman siber yang semakin canggih. Kombinasi keahlian, tekad, dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan interdisipliner sangat penting untuk menghadapi serangan siber di masa yang akan datang.

“Dengan mengubah cara berpikir untuk menghadapi serangan siber ini diharapkan dapat menekan kerugian yang diakibatkan oleh serangan siber. Komitmen sebagai Akademisi Membuat Pendidikan Menjadi Lebih Relevan,” ujarnya.

Prof. Benfano Soewito, M.Sc., Ph.D. merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Komputer dan menjadi Guru Besar ke dua puluh empat yang dikukuhkan BINUS University. Upacara pengukuhan diadakan pada (27/7) di Auditorium BINUS @Kemanggisan Campus Anggrek yang dipimpin oleh Ketua Senat dan Rektor BINUS University, Prof. Dr. ir. Harjanto Prabowo, M.M. serta dihadiri Dewan Guru Besar BINUS University dan Guru Besar Tamu, Pimpinan Bina Nusantara, keluarga, dan tamu undangan.

ia memperoleh gelar Ph.D. dan Master of Science dari Southern Illinois University, Carbondale setelah mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Airlangga. ia memiliki minat yang tinggi terhadap penelitian dalam ilmu komputer dengan minat khusus pada teknologi informasi, termasuk Internet processing and scanning, router development serta security and computer network. Saat ini ia tergabung sebagai Faculty Member di BINUS Graduate Program.

Editor: Redaksi