Melalui Pemberdayaan Posyandu, PLN NP Tingkatkan Kesehatan

Salah satu dokter puskesmas Tarumajaya dalam pemberian vitamin kepada anak guna menyerah stunting. [doc.klise]

KLISE, KAB. BEKASI – Sebagai wujud komitmen PT PLN Nusantara Power UP Muara Tawar dalam menanggulangi permasalahan kesehatan, terutama masalah stunting pada anak, PLN Nusantara Power melalui PLN Peduli melakukan kerjasama dengan Puskesmas dalam Program CSR “Peningkatan Pola Hidup Bersih dan Sehat” dengan kegiatan peningkatan kapasitas posyandu.

“Salah satu kegiatan tersebut ialah dengan memberikan pelatihan pengetahuan terhadap kader posyandu untuk dapat mengidentifikasi secara dini balita stunting,” Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah kepada Klise, Kamis (18/4/2024).

Selain intervensi, kata Ruly, dalam proses identifikasi, PLN NP juga terlibat dalam proses pencegahan balita stunting melalui pemberian bantuan PMT untuk memenuhi gizi seimbang bagi balita.

“Kerjasama telah dilakukan bersama Puskesmas Tarumajaya sejak di tahun 2023, dengan berfokus pada peningkatan kapasitas SDM Kader-kader Posyandu Desa Segarajaya,” jelasnya.

Kendati demikian, PLN NP juga meningkatkan pelayanan kegiatan rutin posyandu yang ada di beberapa titik, seperti Desa Segarajaya dan Desa Hurip Jaya.

“Harapannya, melalui program ini, anak-anak khususnya balita serta para ibu dapat mendapatkan pelayanan kesehatan serta pemantauan kondisi kesehatan oleh para tenaga kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan mengurangi angka kurang gizi dan stunting,” bebernya.

Oleh sebab itu, Ruly menegaskan, bahwa keberhasilan program tentunya tidak lepas dari peran para relawan tenaga kesehatan yaitu kader posyandu. “Tentunya dalam mendampingi tumbuh kembang balita serta kesehatan ibu,” tutupnya.

Penulis: Guns