Binus University Upacara Pengukuhan Prof. Bactiar; “Strategi Pengukuran Produktivitas Sektor Publik”

Prof. Drs. Bachtiar H. Simamora, M.Sc., Ph.D di Auditorium BINUS @Kemanggisan Campus Anggrek.[doc.klise]

KLISE.NEWS, JAKARTA — Binus University kembali menambah deretan guru besar dengan mengukuhkan Prof. Drs. Bachtiar H. Simamora, M.Sc., Ph.D sebagai guru besar bidang ilmu manajemen industri. Prof. Bachtiar merupakan guru besar ke dua puluh satu yang dikukuhkan Binus University. Dua puluh sembilan tahun berkarir sebagai akademisi membawanya meraih Jabatan akademik sebagai guru besar dalam bidang ilmu manajemen industri.

Upacara pengukuhan diadakan pada (10/7/23) di Auditorium BINUS @Kemanggisan Campus Anggrek yang dipimpin oleh Ketua Senat dan Rektor Binus University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. serta dihadiri Dewan Guru Besar Binus University dan guru besar tamu, Pimpinan Binus University, keluarga, dan tamu undangan.

“Banyak kontribusi yang diberikan Prof. Bachtiar Simamora, terutama dalam hal professional services yang memungkinkan industri atau organisasi mendapatkan layanan dari Binus University untuk meningkatkan kinerjanya,” tutur Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor Binus University.

Dalam acara tersebut, Prof. Bachtiar menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Strategi Pengukuran Produktivitas Sektor Publik”. ia menyampaikan pentingnya memastikan bahwa luaran (outputs) dan hasil (outcomes) dari sektor publik sesuai dengan harapan dan kebutuhan rakyat. Pengukuran produktivitas sektor publik dapat digunakan untuk menilai tingkat efisiensi dan kinerja organisasi pemerintah. Sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Prof. Bachtiar juga menerangkan beberapa tantangan yang terjadi dalam hal pengukuran produktivitas sektor publik, yaitu pengukuran output yang kompleks, mendefinisikan dan mengukur kualitas dan kinerja, hasil tidak berwujud, kepentingan multi-pemangku kepentingan, dampak yang membutuhkan waktu lama, faktor eksternal yang mempengaruhi hasil, dan dimensi politik dan sosial yang mempengaruhi pengukuran.

Penulis: EvelyneEditor: Redaksi










Exit mobile version