Guru Besar Binus University, Prof Firdaus Jelaskan Strategi Organisasi Siap Bertransformasi Digital

Guru Besar Binus University, Prof. Firdaus Alamsjah, Ph.D. Memegang Topi Toga Wisuda. [doc.klise]

KLISE.NEWS, JAKARTA – Merupakan penggalan opini yang disampaikan Prof. Firdaus dalam orasi ilmiah berjudul “Dilema Multidimensional dalam Transformasi Digital Kapabilitas Ambideksteritas sebagai Solusi”. Tak hanya itu ia sampaikan, organisasi harus dapat secara efektif menjalankan operasi yang stabil dan konsisten, sambil tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis.

Prof. Firdaus menyampaikan gagasan bahwa penting bagi suatu perusahaan atau organisasi untuk melakukan ambideksteritas dengan secara efektif, menggabungkan dan mengintegrasikan dua dimensi yang berbeda, yaitu eksploitasi dan eksplorasi atau refine dan redefine dalam konteks transformasi digital.

Eksploitasi berkaitan dengan kemampuan organisasi untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan sumber daya yang ada, meningkatkan efisiensi operasional, dan menghasilkan hasil yang stabil. Sementara itu, eksplorasi mengacu pada kemampuan organisasi untuk mengembangkan ide-ide baru, menciptakan inovasi, dan menjajaki peluang baru.

Prof. Firdaus juga menggarisbawahi pentingnya mengelola perubahan dalam transformasi digital di era digital saat ini untuk mencapai keberhasilan mengadopsi teknologi digital di dalam organisasi. Dikarenakan transformasi digital melibatkan perubahan budaya, proses bisnis, dan model operasi yang didorong oleh teknologi digital.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, ambidekster memiliki kapabilitas membantu organisasi memahami, mempersiapkan, dan mempercepat proses transformasi digital.

Tak hanya itu ia pun memberikan gagasan apa yang harus dibangun suatu organisasi agar siap dalam bertransformasi digital melalui empat kapabilitas organisasi yang menjadi pembeda dalam industry 4.0, yang diberi nama LEAD4.0 yang merupakan singkatan dari Learning Organization, mengacu pada kemampuan organisasi untuk secara efektif menggabungkan dan mengelola dua pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran: pembelajaran yang berfokus pada efisiensi dan peningkatan operasional yang ada (exploitation) serta pembelajaran yang berfokus pada eksplorasi dan inovasi. Ecosystem and Supply-Chain, berperan sangat penting dalam transformasi digital.

Penulis: EvelyneEditor: Redaksi










Exit mobile version